16 Desember, 2013

Bentuk lain konservasi terumbu karang di Kepulauan Seribu

Sebagian besar pulau pulau di kepulauan seribu termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu. Pulau Pabelokan merupakan salah satu pulau yang tidak termasuk dalam kawasan TNKS. Namun dalam hal perlindungan terhadap terumbu karang pengelola Pulau ini punya cara ekstrem yang cukup ampuh menjaga kondisi terumbu karang di sekitar pulau yakni pengawasan 24 jam selama 7 hari. NO ENTRY ZONE!!!! Usaha ini memberikan hasil yang sepadan. Kondisi karang di Pulau ini termasuk dalam ketegori baik sekali.

Pulau Pabelokan hampir 40 tahun dikelola oleh perusahaan minyak yang beroperasi di Utara Jawa dan atau pantai timur sumatera. Sebagai perusahaan minyak keselamatan pekerja dan kesehatan lingkungan merupakan urusan sangat penting. Sehingga perusahaan ini memberlakukan larangan berenang dan memancing serta mengharamkan limbah masuk ke dalam perairan di sekitar Pulau Pabelokan.

Larangan tersebut bukan sekedar basa basi. Pengawasan diberlakukan selama 24 jam selama seminggu. Bagi pekerja yang melanggar hukuman pemecatan bukan isapan jempol belaka. Nelayan yang berlabuh juga dihalau untuk tidak terlalu dekat dengan daerah terumbu karang. Hal ini ternyata mampu melindungi karang dari kerusakan. Terumbu karang terlihat sehat dan sangat rapat yang berada di kedalaman 1-8 meter. Ikan – ikan karang juga beranekaragam bahkan beberapa pekerja mengatakan mereka sering melihat ikan hiu kecil sedang berburu ikan di sekitar terumbu karang di dekat pantai. 

http://www.beginersubhan.com/?p=378

Tidak ada komentar: