22 Juli, 2013

Serah Terima Jabatan Kepala Stasiun PSDKP Pontianak


Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Syahrin Abdurrahman , SE melakukan pelantikan Kepala Stasiun Pengawasan SDKP Pontianak dari Bambang Nugroho, S.Pi ke Sumono Darwinto, A.Pi, S.Pi pada tanggal 17 Juli 2013. Acara Pelantikan dilakukan di Kantor Stasiun Pengawasan SDKP Pontianak yang dihadiri Direktur Pengawasan Sumber Daya Perikanan Ir. Sere Alina Tampubolon, M.PSt,   Direktur PIP dan Pemantaun SDKP Ir. Nugroho Adji, M.Si, Direktur Penanganan Pelanggaran Drs. Lapis Silalahi, MM,  Kepala UPT Pengawasan SDKP (Pung Nugroho, A.Pi,  MM, Mukhtar, A.Pi, M.Si, Ir. Pantja Waluyo Prasetyanto)  Eselon III lingkup Ditjen Pengawasan SDKP. Pelantikan Sdr. Sumono Darwinto, A.Pi, S.Pi sebagai Kepala Stasiun Pengawasan SDKP Pontianak berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No. KEP.11/SJ-KKP/KP.430/2013 tanggal 12 Juli 2013 tentang penetapan Kepala Stasiun Pengawasan SDKP Pontianak. Sedangkan bapak Bambang Nugroho, S.Pi dipercaya untuk menduduki jabatan yaitu Kasubdit Lahan dan Air Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No. KEP.10/SJ-KKP/KP.430/2013 tanggal 5 Juli 2013.


Setelah acara pelantikan Bapak Dirjen membuka acara Temu Koordinasi Satuan Kerja dan Pos Pengawasan SDKP Wilayah Stasiun Pengawasan SDKP. Acara ini bertujuan untuk menyamakan presepsi dan tindak langkah dalam melaksanakan pengawasan SDKP.  Acara Temu Koordinasi ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 17-19 Juli 2013 di kantor Stasiun Pengawasan SDKP Pontianak. Selesai membuka acara ini Bapak Dirjen Menandatangani Prasasti peresmian Pos Pengawasan SDKP Entikong dan melakukan tinjauan kapal kapal tangkapan dan kapal patroli di dermaga.

Sorennya dilakukan upacara serah terima jabatan Kepala Stasiun Pengawasan SDKP Pontianak dari Bambang Nugroho, S.Pi ke Sumono Darwinto, A.Pi, S.Pi yang dihadiri Pejabat Wakil Bupati, lingkup Ditjen Pengawasan SDKP, UPT lingkup KKP, Aparat Pemda dan Instansi lainnya. Pada sambutanya Bapak Dirjen PSDKP mengatakan beberapa hari  yang lalu, Menteri Kelautan dan Perikanan telah melakukan pengambilan sumpah jabatan bagi Eselon III di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan, termasuk para pejabat di jajaran Ditjen PSDKP, mutasi jajaran pejabat di setiap instansi pemerintah merupakan realisasi dari kebijaksanaan dalam kelembagaan.  Mutasi dan promosi di Kementerian Kelautan dan Perikanan adalah hal yang biasa terjadi karena penugasan seorang pejabat dalam pemerintahan pasti akan mengalami pergantian dan perpindahan (Tour of the Duty maupun Tour of Area).  Di samping itu bahwa mutasi dan promosi jabatan di dalam suatu organisasi merupakan salah satu hal mutlak dan wajar terutama jika dikaitkan dengan upaya untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan kualitas sumber daya manusia di dalam mengemban tugas yang telah ditentukan dan dirumuskan oleh pemimpin demi tercapainya semua tugas dan fungsi masing-masing.
 
Pada hari ini, Rabu tanggal 17 Juli 2013 kita laksanakan Upacara Serah Terima Jabatan Kepala Stasiun PSDKP Pontianak.  Di mana Jabatan Kepala Stasiun PSDKP Pontianak dipegang oleh pejabat Eselon IV yang didelegasikan langsung dari pejabat Eselon I Ditjen PSDKP Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.  Saya harapkan ke depannya setelah Serah Terima Jabatan ini dilaksanakan, UPT Stasiun PSDKP Pontianak semakin memacu kinerjanya sesuai tugas pokoknya dan bekerja dilandasi standarisasi dan prosedur serta mengacu pada Undang-Undang yang berlaku sehingga akan menjadi lebih baik, aman, tepat sasaran dan menguntungkan bagi masyarakat nelayan maupun masyarakat di sekitarnya serta diharapkan dapat menjadi obyek kompetitif bagi UPT-UPT atau Satker-Satker yang lainnya dalam hal Kinerja Pengawasan terhadap Sumber Daya Kelautan dan Perikanan.
 
Saya dapat memantau bahwa Stasiun PSDKP Pontianak beserta jajarannya selama ini telah berhasil dan solid bersinergi dalam melaksanakan tugas antar penyidik seperti TNI AL dan Polri, Imigrasi, Jaksa dan lain-lain.  Maka, pertahankan dan tingkatkanlah soliditas dan rasa kebersamaan tersebut.
 
Pada kesempatan kali ini, saya menyampaikan : bagi pejabat yang baru dilantik Saudara Sumono Darwinto, A.Pi, S.Pi saya ucapkan SELAMAT BEKERJA,  dengan berbekal pengalaman kerja dan pengetahuan yang Saudara miliki merupakan jaminan tersendiri, bahwa Saudara akan mampu melaksanakan tugas yang dipercayakan kepada Saudara. Saya berpesan laksanakanlah tugas – tugas  dengan penuh rasa tanggung jawab sebagai suatu amanah yang dibebankan kepada Saudara.  Bersikaplah profesional, dengan menguasai bidang tugas Saudara atas dasar keterampilan dan ilmu pengetahuan yang terkait serta bekerjalah sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku, tingkatkan disiplin kerja dan selalu lakukan koordinasi kepada Instansi terkait baik secara vertikal maupun horisontal dan dengan memperhatikan usul prakarsa bawahan yang konstruktif bagi kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi.  Tingkatkan kinerja dan disiplin kerja, selalu menjaga hubungan baik dan harmonis dengan instansi lain, saya minta kepada Saudara  untuk tidak berlama-lama dalam menyesuaikan tugas di tempat yang baru, maka saudara harus cepat memahami dan melaksanakan tugas sesuai dengan Tupoksi saudara sebagai Kepala Stasiun PSDKP Pontianak.
 
Sedangkan bagi pejabat yang telah berakhir masa jabatannya Saudara Bambang Nugroho, S.Pi sebagai Kepala Stasiun PSDKP Pontianak periode tahun 2008 hingga tahun 2013, Saya ucapkan TERIMA KASIH BANYAK atas tugas, dedikasi dan loyalitas  yang telah Saudara laksanakan selama ini, dan saya ucapkan selamat atas kenaikan jabatan sebagai Eselon III di Direktorat Prasarana dan Sarana Budidaya.  Saudara juga ketahui bahwa jabatan Eselon III merupakan jabatan kedua setelah Direktur, hal penting yang perlu saya tekankan di sini, bahwa seorang pejabat Eselon III merupakan seorang pejabat yang bertugas memecahkan masalah dan melaksanakan kebijakan pimpinan bersama seluruh pegawai yang berada di unit kerjanya, maka kearifan, memperkaya ilmu pengetahuan dan pengalaman yang up to date serta moral yang baik merupakan hal yang menjadi tuntutannya, yang akan mampu membawa dan memotifasi pegawai untuk berperilaku positif sehingga akan menumbuh kembangkan semangat kerja yang akan berpengaruh terhadap kelancaran pelaksanaan tugas melalui peningkatan kinerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.
 

Penulis Mukhtar, A.Pi, M.Si
Kepala Stasiun Pengawasan SDKP Belawan


Tidak ada komentar: