09 Juni, 2012

Varietas Baru Ikan Nila Diluncurkan

KOMPAS/NAWA TUNGGAL Ikan nila (Oreochromis niloticus) 
 
MAKASSAR, KOMPAS.com- Kementerian Kelautan dan Perikanan atau KKP merilis varietas unggul perikanan budidaya, seperti ikan nila Nirwana (Nila Ras Wanayasa) II, ikan nila Srikandi, ikan nila Sultana, dan ikan Torsono.

Ikan nila Nirawana II merupakan hasil pengembangan dari Nirwana. Varietas ikan nila Nirvana dirilis pada acara Indonesia Aquaculture (INDOAQUA) dan Forum Inovasi Teknologi Aquaculture (FITA) 2011 di hotel Aryaduta, Makassar, Jumat (8/6/2012).

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo, mengemukakan, kehadiran varietas unggul perikanan budidaya diyakini dapat memacu produksi perikanan budidaya.

"Sinergitas antara peneliti dan perekayasa dengan pemerintah, masyarakat pembudidaya dan pelaku usaha dapat menjadi memacu produksi dan produktivitas perikanan budidaya", ujar Cicip saat membuka IndoAqua.

Selain itu, KKP juga merilis vaksin ikan Aeromonas hydrophyla atau disebut Capriva aero-L®. Vaksin ikan Aeromonas hydrophila menjadi solusi dalam mengatasi penyakit kegagalan pembudidaya ikan skala kecil sehingga mampu mengatasi problem penyakit ikan yang selama ini menghantui kegagalan budidaya. 

http://regional.kompas.com/read/2012/06/08/19042361/Varietas.Baru.Ikan.Nila.Diluncurkan 

Tidak ada komentar: