16 Agustus, 2019

Marak Bom Ikan, Warga Banitobo Lembata Siap Busur Panah dan Senapan Angin Jaga Laut

Marak Bom Ikan, Warga Banitobo Lembata Siap Busur Panah dan Senapan Angin Jaga Laut


POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Warga Desa Banitobo, Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata mulai resah dan kesal dengan maraknya aksi bom ikan oleh oknum tak dikenal di sepanjang wilayah perairan Waiteba dan Pantai Bobu.

Informasi yang dihimpun Pos-Kupang.Com, apabila Pemerintah Provinsi NTT dan pihak kepolisian tak segera bertindak, warga siap menjaga wilayah perairan tersebut dari oknum yang setiap hari melakukan pengeboman ikan di sana dengan busur panah dan senapan angin.

Warga Desa Banitobo, Ignas Koda, ketika dikonfirmasi mengatakan warga di desanya sudah sangat marah dengan tindakan pengeboman ikan di wilayah laut selatan yang merusak biota laut.

Menurut Ignas, hari ini (12/8/2019) masyarakat mulai berjaga-jaga di pesisir pantai Dulipue dengan senjata yang ada guna menjaga wilayah laut dari aksi bom ikan oleh oknum tak bertanggungjawab.

"Satu hari bisa empat sampai lima kali (bom ikan). Setelah kita tinggalkan lokasi pantai, kita juga tidak tahu sudah berapa kali. Kami juga tidak tahu mereka darimana," sebut Ignas dengan kesal ketika dihubungi via telepon selular, Senin (12/8/2019).

"Kita tidak bisa buat apa-apa karena masyarakat juga takut."
Ignas menyebutkan para pelaku bom ikan itu biasa menggunakan empat sampai lima kapal motor kecil. Lokasi pengeboman juga dilakukan di beberapa titik berbeda.

"Masyarakat sudah mau bawa busur anak panah untuk jaga secara mandiri.Mereka pakai kapal motor kecil. Jadi bisa 4-5 kapal motor yang lepas bom," pungkasnya.

Masalah pengeboman ikan ini, lanjut Ignas, sudah pernah dilaporkan ke pemerintah desa kemudian ke selanjutnya diteruskan ke pihak berwajib. Namun belum ada langkah tegas yang bisa mengatasi masalah ini.

Kewenangan Ada di Pemprov
Dikonfirmasi terpisah, Anggota DPRD Kabupaten Lembata, Petrus Bala Wukak juga mengaku kesal dengan maraknya aksi bom ikan di laut selatan Pulau Lembata. Illegal fishing dan pengeboman ikan yang merusak biota laut hampir setiap hari terjadi di sepanjang pantai selatan Lembata yang kaya ikan.

Hal ini, kata dia, juga disebabkan karena lemahnya pengawasan dari Pemerintah Provinsi NTT. Dia pun mengkritisi regulasi yang menetapkan kewenangan kelautan dan perikanan ada di Pemprov NTT.

"Pengeboman ikan rawan sekali di Lembata. Persoalannya kewenangan ini ada di provinsi. Kami tidak bisa buat tindakan represif karena kami tidak punya kewenangan," tegasnya.

Setelah kewenangan ini dilimpahkan ke Pemerintah Provinsi NTT justru tidak ada penguatan kapasitas dan kualitas dalam menjaga laut dan ikan di daerah-daerah.
"Proses ini harus dikembalikan ke kabupaten karena kabupaten lebih dekat dengan lautnya. Provinsi tidak punya laut. Yang ada laut itu kabupaten," tegasnya.

Politisi Partai Golkar ini meminta Pemprov NTT secara serius menangani kasus pengeboman ikan di perairan Lembata dan menindak tegas para pelaku bom ikan dengan hukuman pidana.

"Kewenangan yang urusannya ke kabupaten serahkan ke kabupaten bukan ke provinsi. Daerah tidak bisa buat banyak hal. Pengrusakan biota laut ini tiap hari terjadi. Kita Minta Pemprov serius tangani illegal fishing dan pengrusakan biota laut. Soal kewenangan di pemprov, rentang kendalinya terlalu jauh.
Kewenangan kelautan dan perikanan sebaiknya kembalikan ke daerah karena provinsi tidak punya laut," sebutnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo)


Artikel ini telah tayang di pos-kupang.com dengan judul Marak Bom Ikan, Warga Banitobo Lembata Siap Busur Panah dan Senapan Angin Jaga Laut, https://kupang.tribunnews.com/2019/08/12/marak-bom-ikan-warga-banitobo-lembata-siap-busur-panah-dan-senapan-angin-jaga-laut?page=2.
Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Kanis Jehola


Untuk kebutuhan Air Minum yang menyehatkan  coba konsumsi Air Izaura Air yang terbukti dapat membantu proses penyembuhan Kegemukan, Migran, Alergi, Sakit Maag, ASam Urat, Nyeri Sendi, Sambelit, Sakit Pinggang, Osteiporosis, Reumatk, Kanker, Vertigo, Ashma, Brinchitis, Darah Tinggi, Kencing Batu, Kolestrol, DIABetes, Jantung, Darah Rendah, Jerawat', WAsir dan Batu Ginzal. Dan menghilangkan racun dalam tubuh.
Mau Sehat dan Menyehatkan Minum Air Izaura
 Mau Meraih Penghasilan Besar, Membantu Kesehatan Semua Orang dan Memiliki Bisnis Yang Mudah Anda Jalankan dengan Modal 350 ribu s.d 500 ribu.
Berminat Hub Mukhtar, A.Pi  HP. 081342791003 
 
 
Cari Kos Kosan di Kota Kendari ini tempat 
 Kos Putri Salsabilla Kendari
 Hub 081342791003
 
 
Menerima pesanan Kanopi, Pagar Besi, Jendela
 dengan Harga Murah dengan Sistim Panggilan.
 
 
Berminat Hub 081342791003 
 
 
Miliki Kavling tanah di Pusat Pemerintahan Kabupaten Bima di 
GRIYA GODO PERMAI
Investasi Kavling Tanah Perumahan di Griya Godo Permai yang merupakan Daerah Pengembangan Ibu Kota Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Jarak hanya + 1 Kilo meter dari Kantor Bupati Kab. Bima dan dari jalan utama hanya + 500 Meter.
Berminat Hub 081342791003 

Tidak ada komentar: