22 Maret, 2016

Dua Kapal Coast Guard China PROVOKASI Kapal Pengawas KKP Yang Menangkap Satu Kapal ilegal China

 
KP. Hiu 11 pada tanggal 19 Maret 2016 Menangkap Satu Kapal Ikan China  illegal fishing di perairan Natuna, Kepulauan Riau Lalu beberapa jam kemudian 2 Kapal Patroli Cost Guar China mengejar dan meminta agar kpl ikan China dilepas. Karena alasan keselamatan AKP maka kapal dikuasai kedua kapal Patroli China kejadian ini di perairan Natuna tgl 20 Maret 2016. Indonesia harus protes.
 
Pada minggu sore Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengadakan konferensi pers dirumah dinasnya, Susi mengatakan peristiwa tersebut terjadi di wilayah perbatasan. 

Proses penangkapan tidak berjalan mulus, lantaran ada campur tangan dari kapal coastguard China, yang secara sengaja menabrak KM Kway Fey 10078. Hal itu diduga untuk mempersulit KP Hiu 11 menarik masuk KM Kway Fey 10078.
 
Susi menjelaskan kronologis proses penangkapan Kway Fey 10078 tersebut kepada media, pada Minggu (20/3/2016). Kapal tersebut terdeteksi sebagai target operasi (TO) pada hari Sabtu (19/3/2016), pukul 14.15 WIB, dengan posisi kapal di wilayah Indonesia.

"TO kemudian dikejar dan diberhentikan, namun kapal tidak mau berhenti," kata Susi.

Pihak kapal pengawas lalu memberikan tembakan peringatan. Namun, kapal tersebut tetap berusaha melarikan diri dengan zig-zag, sehingga KP Hiu mendekat dan tidak bisa menghindari tabrakan.

"Tiga orang personel KP Hiu 11 melompat ke kapal tangkapan dan berhasil melumpuhkan delapan ABK kapal tangkapan, yang akhirnya dipindahkan ke KP Hiu 11. Sebuah tindakan yang sangat berani dan kita apresiasi," lanjut Susi.

Setelah pemindahan delapan ABK ke KP Hiu 11, selanjutnya mereka coba membawa atau menarik KM Kway Fey 10078. Namun, lanjut Susi, dalam perjalanan pengawasan, tiba-tiba muncul satu kapal coastguard China mengejar KP Hiu 11.

"KP Hiu 11 mencoba menghubungi lewat radio dan tidak ada jawaban, kemudian KP Hiu 11 menghubungi Lanal untuk memberitahukan perihal kejadian tersebut," kata Susi.

SENGAJA TABRAK

Selanjutnya, sebut dia, kapal coastguard China dengan kecepatan 25 knots mendekati KP Hiu 11 dan tangkapannya yakni KM Kway Fey 10078.
Setelah mendekat, kapal China menyoroti dengan lampu sorot kemudian menabrak kapal tangkapan.

"Setelah kapal tangkapan berhenti, dan melihat ada tiga orang anggota KP Hiu 11, mereka pun tidak jadi naik (ke atas), namun tetap mengawasi," ungkap Susi.

Lantaran kapal tangkapan rusak akibat ditabrak kapal coastguard China, sehingga tiga personel KP Hiu 11 memutuskan untuk kembali ke kapal KP Hiu 11, dan meninggalkan kapal tangkapannya.

"Jadi kapal ikan China itu ditabrak oleh kapal coastguard-nya sendiri," ucap Susi.

Kapal coastguard China kemudian merapat ke kapal tangkapan pada Sabtu (20/3/2016) pukul 01.45 WIB. KP Hiu 11 sendiri meninggalkan kapal tangkapan tersebut untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, karena pada saat yang sama muncul kapal coastguard China kedua, yang jauh lebih besar daripada kapal yang pertama.

"Jadi kejadian nabraknya itu, waktu KM Kway Fey 10078 mau dibawa ke Natuna. Ketika mau masuk territorial, ditabrak oleh kapal coastguard China," kata Susi.

Dari proses penangkapan yang panjang itu, untuk sementara ini baru diamankan delapan ABK KM Kway Fey 10078, dan diarahkan ke Pulau Tiga Natuna untuk diproses lebih lanjut. Sementara barang bukti, yakni KM Kway Fey 10078 sendiri sudah dibawa oleh kapal coastguard China.

Aksi Heroi AKP KP. Hiu 11
 
Ketika kapal illegal china tidak berhenti malahan melarikan diri Pihak Kapal pengawas lalu memberikan tembakan peringatan, namun kapal tersebut tetap berusaha melarikan diri dengan zig zag, sehingga KP Hiu 11 mendekat dan tidak bisa menghindari tabrakan dengan kapal berbendera China tersebut. Setelah itu 3 orang personel KP Hiu 11 (Puguh Widodo, Apyam Mey Kabarek, dan Ariyanto Lubis) melompat ke kapal tangkapan dan berhasil melumpuhkannya. Delapan ABK Kapal tangkapan di pindahkan ke KP Hiu 11,”


Kemudian saat 3 personel KP Hiu 11 yang berada di atas KM Kway Fey 10078 akan membawa kapal tangkapan itu, tiba-tiba ada 1 kapal Coastguard China. KP Hiu mencoba menghubungi dengan Radio ke Coastguard China namun tidak ada jawaban. Kemudian KP Hiu menghubungi Lanal memberitahukan perihal kejadian tersebut, setelah kapal Coastguard mendekat lalu mereka menyorot dengan lampu sorot dan menabrak kapal tangkapan.supaya tidak bisa ditarik. Setelah kapal tangkapan berhenti dan melihat ada tiga anggota Kapal Hiu 11 didalam kapal tersebut mereka pun tidak jadi naik namun tetap mengawasinya” jelas Susi.


Karena kapal tangkapan rusak akibat di tabrak dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, tiga personel KP Hiu 11 tersebut kemudian pindah kembali ke KP Hiu 11 dan meninggalkan kapal tangkapan.


“Seluruh awak Kapal Pengawas (KP) selamat, dengan 8 ABK China masih dibawa oleh KP Hiu 11 diarahkan ke pulau Tiga Natuna untuk proses lebih lanjut. Ini Sebuah tindakan yang sangat berani, kita apresiasi, wonderful brave, keberanian yang luar biasa. Mereka orang sipil luar biasa, negara wajib memberi penghargaan,” kata Susi. (hms)
http://kkpnews.kkp.go.id/index.php/kapal-ikan-asing-ilegal-berbendera-cina-ditangkap-di-wilayah-perairan-indonesia/


KP. Hiu 11 pada tanggal 19 Maret 2016 Menangkap Satu Kapal Ikan China Lalu beberapa jam kemudian 2 Kapal Patroli Cost Guar China mengejar dan meminta agar kpl ikan China dilepas. Karena alasan keselamatan AKP maka kapal dikuasai kedua kapal Patroli China kejadian ini di perairan Natuna tgl 20 Maret 2016. Indonesia harus protes
'Katsuwonus Pelamis Astagaaa... kok bisa..
Pengawas Perikanan
Pengawas Perikanan Laut kita tdk ada yg jaga
'Katsuwonus Pelamis
'Katsuwonus Pelamis Yg ngga abis pikir itu cina bisa sekejap lgsung ada di TKP trus maen intrfensi gitu pak, padahal tertangkap di zona kita yah pak... ckckc
Pengawas Perikanan
Pengawas Perikanan Tidak itu srkitar 7 jam
Pengawas Perikanan
'Katsuwonus Pelamis
'Katsuwonus Pelamis Blom smpe teritorial brti yah pak.. ktika dikejar ma cina ...?.
jadi di lepas lagi yah pak !,
Alfian Muhammad Yunan
Alfian Muhammad Yunan Kalau sudah melanggar kedaulatan negara hajar jgan takut dan jangan gentar walau nyawa taruhan nya,
Pengawas Perikanan

Tulis balasan...

Um In
Um In Kenapa kapten la dedi,sh mau lepas gitu aja,,,?
Pengawas Perikanan
Pengawas Perikanan Wa dua kpl perang yg menghadang apa yg harus dilakukan
Um In
Um In Ko bisa masuk ke indonesia kpl perang cina,,,tdk ada kapal perang indonesia yg terdekat untuk bantuan
Levi Habibi Unzila
Levi Habibi Unzila Keselamatan Awak kapal kita nomor 1
Pengawas Perikanan

Tulis balasan...

Dwi Muhammad Dewadji
Dwi Muhammad Dewadji Hehehe...takut satgas kita dgn china
Um In
Um In Bukan takut,,,kapal pengawas kita personilnya berapa orang saja yg di hadapi kapal perang coi
Hafid Alfajri
Hafid Alfajri Ga gitu juga. Artinya mereka maling sambil dijagain negaranya-
Pengawas Perikanan
Tulis balasan...
Syarif Hidayatullah
Syarif Hidayatullah kalau senjatanya kalah canggih lapor sama mas joke bos, tapi kalau petugasnya yg penakut lapor ma aq, biar aq yg gantikan hhh
Puguhwidodo
Puguhwidodo Saya yg mengawaki kapal tangkapan,kalau anda tidak tau kronologix jgn asal berkoar.NKRI harga mati.kami sudah mempertahankan dgn gagah berani,penuh semangat,kami sedikitpun tidak ad rasa takut.itu smua kami lakukan untuk keamanan kedamaian kedua Negara.
Charles Audy Katili
Charles Audy Katili Kamu bukan orang lapangan ngomong asal ngelantur aja
Adhe Pram
Adhe Pram Keselamatan personel dan kapal paling utama...
Bhimo Ncuhimbozo
Bhimo Ncuhimbozo Serius Pak syarif hidayatullah, boleh pak BKO sebulan aja ke Laut China Selatan,,
Pengawas Perikanan

Tulis balasan...

Dwi Muhammad Dewadji
Dwi Muhammad Dewadji Intinya satgas dan bakamla kita tdk satu padu, jalan masing-masing, jika mengacu pada UU 32 tentang Kelautan yg mengamatkan terbentuknya bakamla yg salah satu tugasnya adalah IUU fishing maka tdk perlu lagi ada satgas-satgas-san.
Muhammad Asri
Muhammad Asri Harus di proses, TN AL harusnya turun tangan.
Hafid Alfajri
Hafid Alfajri "Tetangga maling sambil dijagain". Harusnya judul postingannya gitu kali ya-
Depot Cuakep
Depot Cuakep Itu la klo china orgnya merampok dikawal,
Nelayan
Nelayan Mereka menangkap ikan di perairan yg namanya Laut Cina Selatan. Coba tengok peta. Hehehe...
Syachruna Fauzi Fk
Syachruna Fauzi Fk Namanya saja sdh aut cina selatan perbatasanya dimana
Pengawas Perikanan

Tulis balasan...

Suartana
Natanyel Kalawen
Natanyel Kalawen Jgn mudur dri tindakan mrk....sm"aparat koq,,,mlwn ya tembak aja
Puguhwidodo
Puguhwidodo Kami sedikitpun tdk takut,smuax itu berdasarkan perintah itu smua kami lakukan untuk perdamain kedua Negara.karena kekerasan luntur dengan kelembutan klw terjadi kontak tembak itu berarti awal mula perang.
Pengawas Perikanan
Tulis balasan...
Sigit Wibowo
Sigit Wibowo Direkam ja tuch omongannya, abis tu diposting
Freddy Syukur Wahid
Freddy Syukur Wahid Hajarrrr ndan sampe kelenger yg maling di laut qita ini... jangan dikasih ampun.... 86 dilanjut...
Freddy Syukur Wahid
Freddy Syukur Wahid Kalo gak ada senjata diatas kapal patroli qita ambil aja di Pindad... kalo gak pesan panah beracun di Papua... ha ha ha...
Raka Samudra
Raka Samudra Sayang g ad mitraliur d ats kapal, klo ad psti lain critanya.
Ttp smangat 3211, 3215 sll mendukungmu.
Aaron Laura Chelsea Fonataba
Aaron Laura Chelsea Fonataba Keselamatan No.1 laporkan sama komandan kita Ibu Susi pasti menjadi perhatian ibu..
Maju terus teman2 pengawas Tuhan memberkati kalian semua
Nelayan
Nelayan Kita sdh meratifikasi hukum laut internasional Unclos 1982. Kelalaian kita hingga hari ini adalah pembiaran nama Laut Cina Selatan (South China Oceans) yg ada di perairan Indonesia sekitar Natuna sebaiknya diganti dg nama Laut Riau Kepulauan (Riau Arch...Lihat Selengkapnya
Ramli Usman
Ramli Usman Ini Tragedi Kebangsaan yang tdk boleh dianggap enteng atau sepele. Akibat dari Tragedi ini :
Kedaulatan kita luntur, keberlanjutan sumberdaya alam laut kita hancur, dan kemakmuran rakyat semakin kabur.
Arie Midai
Arie Midai Abk kapal nya ada cewek kah?
Tommy S Lala
Tommy S Lala Dimana kedaulatan bangsa kita tercinta Indonesia Raya. Jng d biarkan. Hehehe
Luffi Hasibuan
Luffi Hasibuan Kesalamatan awak tetap nomor 1, jangan sampe mati konyol saat bertugas. Meskipun ini harus dievaluasi kembali dan menjadi perhatian semua pihak untuk perbaikan kedepan. Tetap semangat pengawas perikanan, nusantara lestari jaya..
Hafid Alfajri
Hafid Alfajri Gue sukak gaya lo bang...luffi of the year 2015
Rain Thuu Hujan
Rain Thuu Hujan Awak kapal pengawas lebih penting dari pada nasib para nelayan indonesia yang sudah tidak ada kerja ...??
Hafid Alfajri
Hafid Alfajri Untuk kondisi saat itu. Menurut sy iya pak. Rain Thuu Hujan...tp sy ga tau kalo menurut bapak sendiri?
Rain Thuu Hujan
Rain Thuu Hujan Klau cina minta melepaskan kapalnya sama sja membuka jalan bagi kapal asing pak. Pak Hafid Alfaljri menurut bapak NATUNA milik siapa...?? Dan apa pengawas perikanan selama ini tdk melakukan kerja sama dengan Angkatan laut...??
Hafid Alfajri
Hafid Alfajri Kondisi pak, ini bukan kali pertama. Dulu malah pernah awak kita yg diamankan pihak keamanan tetangga. Itu baru satu contoh. Mungkin ada contoh2 lain. NATUNA milik kita pak, kalo ditanya, apakah pengawas perikanan tidak kerja sama dg angkatan laut sy g...Lihat Selengkapnya
Rain Thuu Hujan
Rain Thuu Hujan Berarti pasti nanti kapal2 asing beroperasi di perairan indonesia dengan berdampingan kapal peran mereka saja biar indonesia tdk bisa menangkap kapal kapal tersebut
Hafid Alfajri
Hafid Alfajri Cocoknya pak Rain Thuu Hujan diskusi sm capten/awak kapal pengawas perikanan yg bersangkutan. Biar tau sikon dan sensasinya...nyawa lebih penting pak, urusan kedaulatan serahkan ke negara sj. InshaAllah ada jalan keluar dg melihat semngatnya ibu menteri-
Sunu Tri Wibowo
Ichan DM
Ichan DM Betul..itu..
Pengawas Perikanan

Tulis balasan...

Muhakam M Sh
Muhakam M Sh Kapal patroli kkp ayam sayurr susi hanya banyak bicara...
Nelayan
Nelayan Yg logis aja Pak. Satu kapal patroli sipil dikeroyok dua kapal perang. Sedangkan kapal perang tdk boleh memerangi kapal patroli sipil dlm keadaan damai.

Kalau Pak Muhakam jadi nakhoda kapal sipil dijepit dua kapal perang asing apa yg akan dilakukan?
Rain Thuu Hujan
Rain Thuu Hujan Takut kpal perang atau di sogok....??
Sentot Krisnanto
Khoirul Anam
Khoirul Anam Rain Thuu Hujan
hati - hati klo bicara
Mulutmu harimau mu
Pengawas Perikanan
Pengawas Perikanan Memang sebagai penonton banyak omongnya coba meghadspi kondisi seperti itu pasti kencing berdiri gara gara ketakutan
Suka · Balas · 4 · 14 jam
Pengawas Perikanan
Tulis balasan...
Arie Midai
Arie Midai Kemampuan kapal pengawas hanya dalam tindak pidana illegal fishing jadi kemampuan memberantas sudah sudah cukup baik, klw kapal pengawas perikanan beradu dgn kapal perang china jelas tak akan mampu mereka sudah berusaha namun kalah senjata dgn kapal perang china, klw untuk pengawalan teritorial laut dan kedaulat bangsa itu tugasnya Angkatan Laut
Rain Thuu Hujan
Rain Thuu Hujan Memangnya selama ini pengawas perikanan tdk ada kerja sama dengan angkatan laut k...??
Arie Midai
Arie Midai Ya itu sudah tertuang dan skg ini sudah ada bakamla, inti nya untuk kedaulatan Indonesia kita harus lupakan ego sektoral, dirje psdkp juga dari AL pak, mungkin aja di kejadian ini ini kondisi lapangan aja yg tidak konduksif
Pengawas Perikanan
Tulis balasan...
Basri Irsab
Basri Irsab Di natuna aja kita diinjak injak
'Katsuwonus Pelamis
Safri
Safri Ttp smngat satgas pngawas laut indonesia, jika mmank sperti itu maka kpal kita perlu ditingkatkan spek dan d perkuat agar gak terulang
R Faisal Faisal
R Faisal Faisal Perhitungan yg tepat......
Wira Sanjaya
Wira Sanjaya Tetap semangat Pengawas Perikanan. Kita hrs minta penjelasan dr mereka...kibarkan MERAH PUTIH
Rain Thuu Hujan
Rain Thuu Hujan Jalan semakin terbuka buat kapal asing lain
Luffi Hasibuan
Luffi Hasibuan Ada prosedurnya pak Rain Thuu Hujan dalam melaksanakan patroli, salah2 malah kita yang diperkarakan nantinya. Bukan mau main perang2ngan ditengah laut pak. Bukannya skeptis atau takut bertindak dilapangan, karena yakin KKP khususnya Pengawas Perikanan serius dalam menjalankan tugas. Tapi ada SOP yang harus diperhatikan dilapangan.
Rain Thuu Hujan
Rain Thuu Hujan Pak Luffi Hasibuan apakah salah satu prosedur itu melepaskan kapal yg melakukan ilegal fhising berdampingan dengan kapal perang meraka....???
Bhimo Ncuhimbozo
Bhimo Ncuhimbozo Melepaskan dengan terpaksa dilepaskan berbeda pengertiannya Sdr. Simpelnya begini melepaskan berarti sengja, kalo terpaksa itu krn ada pertimbangan, cb saudara bayangkan tekanan dr dua kapal negara asing, yg dilemgkapi senjata yg lebih canggih dg kapa...Lihat Selengkapnya
Ichan DM
Ichan DM Ngga usa di jelaskan panjang lebar..Rain thuu hujan g bakalan ngerti, jalan keluar ga harus perang justru pengawas Perikanan pintar makanya lepaskn nelayan asing..klu ego ya terpaksa petugas jd korban, yg di hadapi senjata canggih, bb lengkap ya lewat jalur hukumkn lebih baik....
Syarif Hidayatullah
Syarif Hidayatullah mereka juga punya SOP, cuma kadang pada saat tertentu perlu diabaikan
Hairudin Amran
Hairudin Amran Ayo tangkap jangan pantang menyerah.
Herul Arief
Herul Arief Tangkap...itu hak indonesia karna di perairan indonesia
Salacca Edulis Harahap
Salacca Edulis Harahap Pengawas perikanan ttp semangat dgn kejadian ini, jgn menyerah. Kita hrus Protes dgn kejadian ini ap lg dgn terancamnya AKP.... kita bkn melepas dgn sengaja tp krn terpaksa.....
Nelayan
Nelayan Tetap semangat mengawal mengawasi kedaulatan sumberdaya perikanan nasional NKRI.
Syarif Hidayatullah
Syarif Hidayatullah kalau terancam harusnya segera koordinasi dg TNI, n minta bantuan pesawat tempur dong
Pengawas Perikanan
Pengawas Perikanan Kayanya bapak Rain Thuu Hujan ngah gerti persoalan. Sebaiknya bpk tdk usah komentar malahan garul gidul tdk karuan.
Salacca Edulis Harahap
Salacca Edulis Harahap Sabar bapak Pengawas Perikanan... klu org gak ngerti sprti bpk rain thuu hujan ya seperti ini sifatny. Asal nyerocos gak karuan, dn tdk berpikir gmn kita pertaruh kan nyawa kita di tengah laut mnghadapi org2 yg mlakukan illegal fishing.... kita bkn mlepas dgn sengaja tp krn terpaksa. Tp smua it ad kelanjutanny dn bkn berhenti smp disini hai bpk rain thuu yg terhormat!!
Pengawas Perikanan
Pengawas Perikanan Kayanya dia orang thailand yg perusahaanya diback list di indonesia
Suka · Balas · 1 · 1 jam
Gladys Peuru
Gladys Peuru Luar biasa perjuangan para pengawas perikanan di lapangan, bener2 taruhannya nyawa. Sekiranya bisa dilakukan pengawasan perikanan terpadu dengan melibatkan bakamla, TNI Al dan polri.
Salacca Edulis Harahap
Salacca Edulis Harahap Hahahaaa......

Tidak ada komentar: