02 November, 2015

1 Tahun Kinerja, KKP Tenggelamkan Lebih Dari 100 Kapal Asing

 KKPNews, Jakarta. Menutup tahun pertama kepemimpinan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, sebanyak 106 kapal asing pencuri ikan telah ditenggelamkan. Jumlah ini, dipastikan masih terus bertambah.

Guna memberantas kapal-kapal asing, Menteri Susi menggandeng Polair hingga TNI AL. Sabtu pekan ini, akan ada 6 kapal pencuri ikan lagi yang ditenggelamkan. Hal tersebut dikatakan Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP, Asep Burhanudin di acara Refleksi Kinerja Satu Tahun KKP di Gedung Mina Bahari III, Kantor KKP, Jumat (30/10).

“Penenggelaman kapal oleh KKP, Polair, dan TNI AL sudah 106 kapal dalam 1 tahun ini. Besok Sabtu 6 kapal lagi dari Batam akan ditenggelamkan, semuanya dari negara tetangga,” ucap Asep.
 
Lebih lanjut, dia juga meminta kepada Menteri Susi untuk mengupayakan proses penenggelaman kapal dalam‎ rapat-rapat kabinet supaya penegakan hukum terhadap illegal fishing semakin tegas. Selain itu, kapal-kapal pengawas milik KKP nantinya diharapkan, dapat dilengkapi dengan senjata untuk menenggelamkan kapal asing.

“Mohon kapal PSDKP dilengkapi dengan senjata untuk menenggelamkan kapal. Mohon dibicarakan di rapat kabinet,” lanjutnya.
Menurutnya, bila usulan-usulan itu dapat direalisasikan, akan semakin banyak sumber daya kelautan Indonesia yang bisa diselamatkan.‎

Berikut daftar jumlah kapal pencuri ikan yang ditenggelamkan dalam setahun terakhir berdasarkan negara asalnya : Malaysia 6 kapal, Filipina 34 kapal, RRC 1 kapal, Thailand 21 kapal, Vietnam 33 kapal dan Papua Nugini 2‎ kapal. (MD/DS)

http://kkp.go.id/index.php/berita/1-tahun-kinerja-kkp-tenggelamkan-lebih-dari-100-kapal-asing/

Tidak ada komentar: