06 September, 2014

Stasiun PSDKP Tual Melaksanakan Apresiasi Pengawas Perikanan


Dalam rangka memberikan informasi dan isu-isu di bidang kelautan dan perikanan kepada Pengawas Perikanan Lingkup Stasiun Pengawasan SDKP Tual Melalui kegiatan Apresiasi Pengawas Perikanan untuk melakukan koordinasi antar Satker, Pos dan UPT dapat terjalin lebih baik. Sehingga diharapkan Pengawas Perikanan di daerah-daerah baik yang ditempatkan di UPT, Satker maupun Pos PSDKP akan memperoleh bekal pengetahuan dan informasi terbaru di bidang pengawasan dan pada akhirnya diharapkan pula Pengawas Perikanan dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan bertanggungjawab.

Kegiatan Apresiasi Pengawas Perikanan  Lingkup Stasiun Pengawasan SDKP Tual Tahun 2014 dibuka oleh Bapak Laksda TNI (Purn) Asep Burhanudin Dirjen Pengawasan SDKP didampingin Direktur Pengawasan Sumber Daya Perikanan Ir. Sere Alina Tampubolon, M.PSt dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ambon serta dihadiri Direktur Pemantauan SDKP dan PIP Ir. Nugroho Adji, M.Si, Dan Lantamal TNI AL Ambon, Direktur Polisi Perairan Polda Maluku, Kepala Bakorkamlah Satgas Ambon, Para Kepala UPT Lingkup KKP di Maluku, Perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku  pada tanggal 28 Agustus 2014 di Hotel Amaris Jl. Diponegoro No. 82 – 84 Ambon Maluku. Rapat Apresiasi Pengawas Perikanan Lingkup Stasiun Pengawasan SDKP Tual tahun 2014 ini akan berlangsung mulai tanggal 27 – 29 Agustus 2014.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Laporan panitia oleh Bapak Mukhtar, A.Pi, M.Si Kepala Stasiun PSDKP Tual, Pembukaan oleh Bapak  Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan lalu Penyematan Topi kepada dua peserta terkhir pembacaan doa.


Maksud diselenggarakan Rapat Apresiasi Pengawas Perikanan  Lingkup Stasiun Pengawasan SDKP Tual Tahun 2014 ini adalah untuk meningkatkan kembali semangat dalam melaksanakan tugasnya di lapangan serta meningkatkan hubungan dan koordinasi antar Pengawas Perikanan lingkup Stasiun pengawasan SDKP Tual dengan dan UPT dan Direktorat-Direktorat lingkup Ditjen PSDKP.


Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah :
a.    Meningkatkan kemampuan Pengawas Perikanan dalam melaksanakan tugasnya di Lapangan.
b.    Meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam menyapaikan laporan hasil kegiatan pengawasan sesuai dengan ketentuan.
c.    Meningkatkan semangat kerja Pengawas Perikanan dalam menjalankan tugasnya di lapangan;
d.    Meningkatkan koordinasi antar satker dan pos dengan UPT dan Direktorat-direktorat Lingkup Ditjen PSDKP


Sasaran kegiatan ini adalah Pengawas Perikanan Lingkup Stasiun Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Tual.


Ruang lingkup kegiatan pertemuan adalah penyampaian materi untuk mencapai keluaran/out put yang diharapkan dapat :
1.     Meningkatkan kinerja Pengawas Perikanan Lingkup Stasiun Pengawasan SDKP Tual;
2.     Meningkatkan hubungan antar pengawas perikanan Lingkup Stasiun Pengawasan SDKP Tual;
3.     Pembahasan permasalahan-permasalahan yang dihadapi pengawas perikanan di lapangan.
Dalam kegiatan Apresiasi juga dipaparkan evaluasi laporan kegiatan pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan.


Pada Sambutannya Bapak Dirjen PSDKP mengatakan bahwa Direktorat Jenderal PSDKP sebagai salah satu institusi dalam organisasi Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai pengemban tugas dan fungsi untuk melaksanakan pengawasan terhadap pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan di wilayah Negara Republik Indonesia. Adapun Tugas pengawasan terhadap sumber daya kelautan dan perikanan bertujuan untuk menjamin terselenggaranya pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan secara tertib dan bertanggung jawab.



Secara konseptual pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan bertujuan untuk “Memastikan bahwa para pelaku usaha bidang kelautan dan perikanan mematuhi segala peraturan perundang-undangan dan ketentuan yang ditetapkan “



Kita juga mengetahui bersama bahwa Keberadaan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan semakin diperlukan seiring dengan semakin kompleksnya permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan. Permasalahan yang paling mengemuka adalah maraknya praktek-praktek penangkapan ikan secara ilegal (ilegal fishing) yang dilakukan oleh kapal-kapal perikanan asing (KIA) maupun kapal perikanan Indonesia (KII), sehingga menyebabkan timbulnya kerusakan sumber daya kelautan dan perikanan, adapula tindakan berupa pemanfaatan sumber daya ikan melebihi daya dukungnya, destructive fishing, degradasi lingkungan, pemanfaatan lingkungan sumber daya perikanan dan ekosistem perairan tanpa izin dan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta permasalahan penegakan hukum dan enforcement.


Untuk menjawab semua permasalahan yang saya sebutkan di atas tadi maka Apresiasi Pengawas Perikanan Lingkup Stasiun PSDKP Tual merupakan hal yang sangat penting dilakukan memberikan informasi dan isu-isu penting di bidang kelautan dan perikanan serta untuk meningkatkan koordinasi antar Satker, Pos dan UPT dapat terjalin lebih sehingga diharapkan para Pengawas Perikanan di daerah-daerah baik yang ditempatkan di UPT, Satker ataupun Pos PSDKP akan memperoleh bekal pengetahuan dan informasi terbaru di bidang pengawasan dan pada akhirnya diharapkan pula Pengawas Perikanan dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan bertanggungjawab.


Pada kesempatan ini saya berharap agar momen kegiatan ini benar-benar dapat dimanfaatkan dengan baik, dan dapat dijadikan wadah sebagai tempat bertukar fikiran guna menyelesaikan segala permasalahan yang ditemukan di lapangan, sehingga dapat digunakan sebagai bahan dalam  melaksanakan  tugas pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan pada saat-saat mendatang.


Kepada seluruh petugas Pengawas Perikanan di lingkup Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Tual saya harapkan untuk sentantiasa Wujudkan dan Tingkatkan terus kapasitas dan kapabilitas kemampuan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan guna menegakkan Undang-Undang Bidang Kelautan dan Perikanan dalam rangka mewujudkan Indonesia bebas Ilegal Fishing dan Kegiatan yang merusak lingkungan “. 


Materi yang disampaikan serta dibahas dalam kegiatan ini adalah materi yang berkaitan dengan Teknik Opersional Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan dan disampaikan oleh Pejabat Eselon I, Eselon II, dan Eselon III lingkup Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan kementerian Kelautan dan Perikanan RI serta oleh Kepala Stasiun Pengawasan SDKP Tual. Berikut ini adalah materi-materi yang disampaikan pada kegiatan Apresiasi Pengawas.



1.    Direktur Jenderal Pengawasan SDKP (Laksda (Purn) Asep Burhanudin) Judul Materi     Kebijakan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan 
2.    Sekretaris Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber daya Kelautan dan Perikanan (Ir. Ida Kusuma Wardhaningsih) Judul Materi Tata Cara Penyusunan SKP
3.    Direktur Pengawasan Sumber Daya Perikanan (Sere Alina Tampubolon, M.PSt) Judul Materi Kebijakan  Pengawasan Sumber Daya Perikanan  
4.    Direktur Pemantauan SDKP dan PIP (Ir. Nugroho Aji) Judul Materi Operasional Pemantauan Kapal Perikanan Melalui VMS (Vessel Monitoring System)
5.    Kasubdit Pengawasan Pencemaran Perairan Dra. Elvira Judul Materi Kebijakan  Pengawasan Sumber Daya Kelautan 
6.    Ketua Pokja Unit Pengendalian Gratifikasi (Ir. Suharta) Judul Materi Sosialisasi Gratifikasi Lingkungan Kenmenterian Kelautan dan Perikanan   
7.    Kepala Stasiun Pengawasan SDKP Tual (Mukhtar, A.Pi, M.Si) Judul Materi   Evaluasi Kegiatan Pengawasan SDKP Semester I Tahun Anggaran 2014



Kegiatan rapat ini mengikutsertakan peserta yang terdiri dari personil pengawas perikanan sebanyak 30 peserta yang diundang yang merupakan perwakilan dari Stasiun, Satker dan Pos Lingkup Stasiun Pengawasan SDKP Tual. Adapun peserta yang hadir pada kegiatan tersebut adalah sebagai berikut :

















No
Nama Peserta
Perwakilan
1
Maulana M. Ridwan, S.St.Pi
Stasiun PSDKP Tual
2
Bayu Indra Patria, S.Pi
Stasiun PSDKP Tual
3
Yopi Yuspilan, S.Pi
Stasiun PSDKP Tual
4
Wolan Usu Wandy, S.Pi
Satker PSDKP Sorong
5
L. Mulyadi Marto, S.St.Pi
Satker PSDKP Ambon
6
Roy Salinding, S.Kel
Satker PSDKP Ambon
7
Nancy Samu-samu, S.Pi
Satker PSDKP Ambon
8
Lukman Bugis
Satker PSDKP Ambon
9
Asrar kelian
Satker PSDKP Ambon
10
Randacaya Sangaji
Satker PSDKP Ambon
11
Prabowo, S.St.Pi
Satker PSDKP Kaimana
12
Seto Nugroho, S.Pi
Satker PSDKP Avona
13
Herwin Salurante, ST
Satker PSDKP Merauke
14
Syamsul Rizal, S.Pi
Satker PSDKP Jayapura
15
Taufik Laima, S.Pi
Satker PSDKP Biak
16
Ilman Hadiwiyatno, S.St.Pi
Satker PSDKP Fakfak
17
Elisa Bakkula, A.Md
Satker PSDKP Wimro
18
Joko Prasetyo, S.Pi
Pos PSDKP Wanam
19
Hariyadi Nugroho, S.IP, MSi
Pos PSDKP Timika
20
La Mance
Pos PSDKP Bula
21
Didik Cipto Suryono, S.St.Pi
Pos PSDKP Warabal
22
Ali Tamher
Pos PSDKP Banda
23
Vincentius Yanindra P, S.Pi
Pos PSDKP Manokwari
24
Umar Sadli Achmad, A.Md
Pos PSDKP Rajaampat
25
Frit Asyerem
Pos PSDKP Sorong Selatan
26
Agniardi Heradi, SH
Pos PSDKP Benjina
27
Daud Lainsamputty
Pos PSDKP Dobo
28
Abdul Halik T.
Pos PSDKP Masohi
29
Mukhtar, A.Pi, M.Si
Stasiun PSDKP Tual
30
Vicky Eko Arfiandhy, A.Md.Pi
Stasiun PSDKP Tual

Penutupan acara Apresiasi Pengawas Perikanan Lingkup Stasiun PSDKP Tual Tahun 2014 ditutup oleh Mukhtar, A.Pi, M.Si Kepala Stasiun PSDKP Tual

Tidak ada komentar: