24 September, 2012

Mendatangkan Pengunjung Ke Website Adalah Tugas Terpenting

mendatangkan pengunjung ke websiteBagi Anda yang menjalankan bisnis di rumah atau kerja di rumah via internet, mendatangkan pengunjung ke website Anda adalah tugas yang terpenting. Alasannya sudah jelas, bahwa tidak peduli bagaimana hebatnya produk atau jasa Anda, jika tidak yang mengetahuinya, maka produk atau jasa atau bisnis Anda tidak akan pernah laku.
Pengunjung ke website Anda ibarat darah dalam bisnis Anda, jika tidak ada maka siap-siap saja bisnis Anda akan mati. Namun jangan menyerah dulu, jika Anda saat ini memiliki website yang tidak ada pengunjungnya atau hanya sedikit, saya akan berikan strategi jitu mendatangkan pengunjung ke website Anda, secara terus-menerus.
Artinya, apa yang akan saya jelaskan disini adalah strategi jangka panjang, bukan hanya sekedar mendatangkan pengunjung sesaat, tetapi terus-menerus sehingga bisa memberikan penghasilan yang stabil.

Mendatangkan Pengunjung Ke Website Jangan Dengan Cara SPAM!

Salah satu cara yang sering kali dilakukan oleh pemasara pemula atau pemasar yang sudah frustasi ialah dengan melakukan SPAM. Jika ada orang (masih banyak) yang melakukan SPAM, ada dua kemungkinan, mereka itu tidak memiliki pengetahuan tentang pemasaran internet atau orang yang malas hanya ingin jalan pintas tanpa mau usaha membangun kanal pengunjung sendiri.
SPAM itu diantaranya:
  • Komentar di blog orang lain yang hanya berisi penawaran
  • Komentar di halaman, group, atau profil facebook orang lain dengan penawaran, padahal bukan untuk peruntukannya
  • Mengirim email kepada orang yang tidak mengijinkannya (contohnya email dari CD yang Anda beli)
  • dan sebagainya
Akibat negatif dari SPAM:
  • Bisa merusak kredibilitas Anda dan bisnis Anda. Sebagai contoh Anda menawarkan bisnis hebat dengan hasil milyaran, tetapi Anda nyepam, orang akan bertanya, katanya hasilnya milyaran, pasang iklan saja tidak mampu, benarkah?
  • Menjauhkan jaringan bisnis. Jaringan bisnis itu sangat penting untuk menunjang keberhasilan bisnis Anda, apa pun itu, tetapi jika Anda suka nyepam, orang tidak akan hormat kepada Anda sehingga tidak mau berteman dengan Anda.
  • Hanya memberikan hasil jangka pendek, hit and run!

Strategi Jangka Panjang!

Mungkin Anda pernah membaca berbagai artikel di blog lain yang membahas cara mendatangkan pengunjunjung ke website yang berupa tip-tip. Itu baik dan bisa Anda lakukan, tetapi kebanyakan dari tip-tip itu hanya untuk mendatangkan pengunjung jangka pendek.
Apa yang akan dibahas disini adalah strategi mendatangkan pengunjung ke website untuk jangka panjang, seolah Anda akan membangun pipa yang mengalirkan air secara terus-menerus, bukan mengambil air dengan ember (jangka pendek).

Mendatangkan Pengunjung Ke Website Anda Dengan Prinsip Daya Ungkit

Kata Robert T. Kiyosaki, orang kaya adalah orang yang pandai memanfaatkan daya ungkit (leverage). Daya ungkit pada dasarnya adalah cara kita memanfaatkan apa yang sudah ada untuk memberikan hasil sebesar mungkin dengan usaha sekecil mungkin. Menarik bukan?
Pertanyaanya, apa yang bisa kita manfaatkan (ungkit) untuk mendatangkan pengunjung ke website kita? Yang paling mudah adalah website-website yang sudah memiliki pengunjung yang banyak, sehingga sebagian dari pengunjungnya datang ke website kita.
Tambah menarik? Tentu saja. Supaya kita mengetahui, website apa saja yang memiliki pengunjung banyak, kita bisa memeriksa di Alexa.
Jika Anda membidik pasar dunia, bisa Anda melihat website terbaik (top site) disini dan jika pasa Indonesia, Anda bisa melihat website paling banyak dikunjungi di Indonesia disini. Silahkan Anda cek, website apa saja yang paling banyak dikunjungi.
Setelah mengetahuinya, maka langkah selanjutnya ialah memilikirkan bagaimana memanfaatkannya agar bisa mendatangkan pengunjung ke website kita.
Pada dasarnya, saya akan kelompokan website-website yang paling banyak pengunjung tersebut dalam 7 kelompok:
  1. Mesin Pencari (search engine) seperti Google, Yahoo, dan bing.
  2. Social network (seperti facebook dan twitter)
  3. Video Site (seperti youtube)
  4. Forum (seperti kaskus)
  5. Penyedia blog gratisan (wordpress.com dan blogger)
  6. Website berita populer (seperti detik, kompas, vivanews)
  7. File dan document sharing (seperti 4shared, mediafire, indowebsiter)
Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara memanfaatkan ketujuh jenis website diatas? Secara garis besar, cara memanfaatkan ketujuh jenis website diatas adalah
  1. Untuk mendatangkan pengunjung dari mesin pencari, kita melakukan SEO (optimasi mesin pencari). Jika kita memiliki website kaya dengan konten berkualitas dan teroptimasi dengan baik, maka Anda bisa mendatangkan pengunjung ke website Anda dengan berilimpah dan terus-menerus.
  2. Untuk mendatangkan pengunjung dari social network, Anda tentu saja harus bergabung, mendapatkan audiens sebanyak mungkin, dan memanfaatkan sifat viral dari social network tersebut.
  3. Bagaimana mendatangkan pengunjung dari youtube? Menarik, saya bisa mendatangkan banyak pembeli dengan membuat video sederhana dan saya upload di youtube.
  4. Forum? Hati-hati, jangan tergoda dengan NYEPAM. Anda bisa mendatangkan pengunjung dari forum melalui signature, iklan, dan forum jual beli.
  5. Dari blog gratisan? Anda bisa gabungkan dengan SEO, yaitu membuat konten berkualitas dan Anda posting di blog gratisan. Juga manfaatkan blogsphere untuk membangun jaringan.
  6. Nah, mendatangkan kunjungan dari website populer, yang paling gampang ialah dengan memasang iklan. Bukankah ini termasuk taktik jangka pendek? Nanti dulu, pembahasannya belum selesai.
  7. File dan document sharing juga bisa kita manfaatkan, bukan hanya untuk mencari downloadan saja atau berbagi dengan teman, tetapi jika kita rajin mengupload file atau document yang membawa pesan promosi kita, website tipe ini pun bisa mendatangkan pengunjung ke website Anda.
Masih bingung? Tentu saja, perlu pembahasan lebih detil untuk setiap taktik diatas. Insya Allah akan saya bahas pada posting-posting selanjutnya. Akan kepanjangan jika dibahas pada satu posting saja. Lagi pula saya akan menyampaikan satu poin penting lagi.

Cara Mendatangkan Pengunjung Secara Terus-Menerus

Diantara beberapa taktik diatas, ada yang mendatangkan pengunjung secara terus-menerus ada juga yang tidak. Nah, untuk memastikan mendatangkan pengunjung secara terus menerus, strateginya adalah Anda harus "menangkap" setiap pengunjung yang datang agar bisa berkunjung lagi.
Pertama: Anda harus punya alat menangkap mereka, yaitu:
  • Mailing list, dimana Anda menangkap email mereka. Perhatikan di blog ini, apakah ada form pendaftaran newsetter? Sebaiknya daftar agar Anda mendapatkan info saat sata memposting artikel kelanjutan artikel ini.
  • Social network, boleh facebook atau twitter. Anda lihat ada Like Box halaman facebook di blog ini? Tentu saja, silahkan gabung untuk mendapatkan update dan berbagi.
  • RSS Feed, hampir setiap blog punya ini, Anda juga bisa bergabung melalui RSS Feed blog ini agar setiap update artikel terbaru Anda bisa mendapatkan update secara otomatis.
Kedua: Berikan konten berkualitas dan jalin relasi yang baik
Mindset Anda "menangkap" mereka agar Anda bisa membantu mereka lebih banyak. Jika Anda bergabung dengan mailing list, facebook, atau RSS Feed blog ini, maka Anda akan mendapatkan bantuan dari saya berupa tip, ide, dan strategi bisnis atau kerja di rumah dengan artikel-artikel berkualitas dan aplikatif.
Jangan terlalu berpikir "menjual", tetapi memberi dulu, uang nanti akan mengikuti. Percayalah!
Nah dengan konsep ini, Anda akan mendatangkan pengunjung ke website Anda untuk jangka panjang, sehingga penghasilan Anda pun bisa Anda dapatkan secara terus-menerus. jangan habiskan waktu Anda untuk taktik-taktik jangka pendek dan NYEPAM termasuk cara-cara black hat, gunakan cara ini dan bisnis Anda akan panjang. Saya sudah hampir 10 tahun bisnis internet dan bertahan sampai sekarang, bahkan terus berkembang.
Oh ya, jika Anda ingin mendapatkan bimbingan langsung dari saya untuk mengaplikasikan apa yang dibahas di artikel ini, saya bisa memberikan private coaching (pelatihan pribadi), untuk selengkapnya bisa klik disini.
OK, sampai disini dulu dan tunggu artikel selanjutnya tentang cara mendatangkan pengunjung ke website.

1 komentar:

Belajar Forex mengatakan...

artikelnya bagus.... tapi kurangnya karena belum memecahkan masalah pembacanya.hehehe