Bukan rahasia lagi kalau banyak hewan laut yang berubah seks sebagai bagian dari strategi hidupnya.  Keluarga Nemo misalnya, semua lahir sebagai jantan, sebelum ikan yang paling dominan berubah menjadi betina dan ikan dominan kedua menjadi pejantannya. Ikan-ikan yang lain tetap sebagai Nemo, anak “kecil” yang “netral”.  Pada saat ikan betina menghilang, maka ikan pejantan akan menjadi betina, dan salah satu nemo paling dominan akan menjadi pejantannya.  Demikian seterusnya.

Nah, sebuah penelitian terhadap karang jamur dari Jepang baru-baru ini menemukan bahwa karang jamur juga berubah sex.  Selain memutih (bleaching), karang juga ternyata merubah dirinya dari jantan ke betina untuk beradaptasi terhadap naiknya suhu.  Menjadi betina ternyata memakan lebih banyak energi, karena proses reproduksinya.  Karenanya pada saat suhu panas, di mana karang banyak kehilangan zooxanthellaenya (ganggang bersel satu yang “memasak” sinar matahari melalui proses fotosintesanya untuk si karang yang ditinggalinya), menjadi jantan membuat karang menjadi lebih “hemat” energi.

Pada saat suhu menurun dan karang sudah mendapat makan cukup, para jantanpun berubah lagi menjadi betina.
Selain karang, kecenderungan sex penyu juga diindikasikan berubah karena pemanasan global.  Pada suhu yang lebih panas dari biasanya, telur akan menetas menjadi betina. Sementara pada aligator, suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin akan menetaskan aligator betina.
Wah, bagaimana jadinya kalau manusia berubah sex seperti ini, ya???