08 Januari, 2009

Istilah – Istilah Terumbu Karang

1) 'terumbu karang' (coral reef) boleh disingkat dengan 'terumbu' (reef) adalah struktur berkapur didalam laut yang berasal dari proses biogenik. Sruktur ini terdiri atas bukit (sedimen) kapur di dalam air, serta kerangka karang hidup dan karang yang mati, yang menempel di bukit kapur tersebut.

2) 'karang' (coral) adalah hewan dari ordo scleractinia yang menghasilkan zat kapur sebagai kerangkanya. Istilah 'karang' jika digunakan secara sendiri selalu mengacu pada 'karang batu' (stony coral, hard coral) atau 'karang  
terumbu' (reef coral), dan TIDAK termasuk di dalamnya 'karang lunak' (soft coral).

3) 'ikan terumbu' (reef fish) atau 'ikan terumbu karang' (coral reef fish) adalah ikan-ikan yang hidup secara permanen di terumbu karang.

4) 'hewan terumbu' atau 'hewan terumbu karang' (coral reef animals) adalah hewan atau benthos lain yang hidup di terumbu; contohnya: kepiting Trapezia, siput Drupella, binatng laut Linckia laevigata, sponges dsb.

5) mengikuti aturan yang sama (konsisten) untuk istilah-istilah 'terumbu penghalang' barrier reefs; 'terumbu tepi'=fringing reef. Istilah-istilah 'ikan karang', 'hewan karang', 'karang penghalang'. dan 'karang tepi', berdasarkan konsistensi aturan tersebut merupakan istilah yang SALAH, karena tidak
ada padanannya di dalam ibu bahasa ilmu ini (English).

Sumber : Anggota Forum Illegal Fishing Indonesia

Tidak ada komentar: