29 Agustus, 2008

Marak Pengeboman Ikan di Laut Pulau Petong

Siang ini telah terjadi lagi pengeboman di laut Pulau Petong Kelurahan Pulau Abang Salah satu site Coremap II Kota Batam. Pengeboman berlangsung di terumbu Mentigi di dekat Kampung Baru Pulau Petong Kelurahan Pulau Abang.

Pelaku diperkirakan delapan orang menggunakan mesin dobel 200 PK. Kejadian ini berulang lagi setelah di tahun sebelumnya pernah terjadi.
Fasilitator lapangan mendapat informasi dari anggota kelompok pengawas masyarakat Pulau Petong tentang kejadian ini. Informasi ini diteruskan oleh Senior fasilitator Pulau Abang ke Tim MCS (Monitoring Control and Survailence) dengan membuatkan berita acara kejadiannya. Menurut Koordinatornya informasi ini akan ditindaklanjuti.

Sedangkan di lapangan Kelompok pengawas mendapat intimidasi oleh para pengebom. Kelompok pengawas bersembunyi ke hutan di Pulau Petong karena diancam dengan bom. Kapal yang mereka tumpangi hanya 40 Pk sedangkan pelaku menggunakan mesin yang jauh lebih cepat.

Belum ada keterangan lebih jauh tentang kejadian ini, namun kejadian ini meresahkan masyarakat di Pulau Petong, padahal Kelompok pengawas baru saja mendapat pengarahan dari tim MCS pusat dari Departemen Kelautan dan Perikanan.

Kejadian seperti ini seharusnya segera cepat ditanggapi oleh pihak berwenang seperti kepolisian, dll. Pengeboman tidak hanya merusak kelestarian alam tetapi juga dapat membahayakan nyawa orang lain.

Masyarakat di lapangan menjadi bingung ketika mereka harus berhadapan dengan pelaku pengeboman. Mereka dilarang untuk melakukan penangkapan namun kenyataannya kejadian seperti ini karena tiadanya patroli akhirnya mereka harus memerankan penangkapan yang memungkinkan terjadinya tindakan anarkis. Padahal mereka hanya sebagai informan bagi aparat terkait. Selayaknyalah ini menjadi tanggung jawab pihak yang berwenang.

Keragu-raguan itulah akhirnya yang membuat kelompok pengawas mudah diintimidasi. Semoga hal ini dapat segera diatasi oleh aparat terkait. Sehingga kekayaan laut kita dapat terus terjaga dan kita semua dapat memperoleh manfaatnya. (Pulau Petong, 28 Agustus 2008) andre Anggota Forum Illegal Fishing Indonesia.

Tidak ada komentar: