02 Desember, 2012

Sosialisasi Pengoperasian Sistem Pemantauan Kapal Perikanan (Vessel Monitoring System)


Ir. Fifi Rifiani, MBA - Mukhtar, A.Pi

Direktorat Pemantauan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Dan Pengembangan Infrastruktur Pengawasan Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP melaksanakan Sosialisasi Pengoperasian Sistem Pemantauan Kapal Perikanan (Vessel Monitoring System) Dalam Rangka Peningkatan Pemahaman Terhadap Penyelenggaraan Sistem Pemantauan Kapal/Vessel Monitoring System (VMS) Online dan Offline bagi pemilik kapal / pengusaha perikanan / agen kapal perikanan, asosiasi perikanan serta instansi terkait  pada tanggal 24 November 2012 di Balai Pertemuan Nelayan Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan  yang dibuka oleh Ibu Ir. Fifi Rifiani, MBA = Kasubdit Pemantauan Pemanfaatan SDP di dampingin oleh Mukhtar, A.Pi, M.Si Kepala Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Belawan.

 
Sosialisasi Pengoperasian Sistem Pemantauan Kapal Perikanan (VMS) Dalam Rangka Peningkatan Pemahaman Terhadap Penyelenggaraan Sistem Pemantauan Kapal/Vessel Monitoring System (VMS) Online dan Offline  dihadiri oleh sekitar 40 orang dari pemilik kapal / pengusaha perikanan / agen kapal perikanan, asosiasi perikanan serta instansi.
 

Dalam Paparanya ibu Ir. Fifi Rifiani, MBA = Kasubdit Pemantauan Pemanfaatan SDP menjelaskan tentang mekanisme pengoperasian Sistem Pemantauan Kapal Perikanan (Vessel Monitoring System), Mekanismen Pendaftaran untuk memperoleh Surat Keterangan Pengaktifan VMS, serta Pinjam pakai VMS milik Negara.
 
Sedangkan Mukhtar, A.Pi, M.Si Kepala Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Belawan mengatakan bahwa acara Sosialisasi Pengoperasian Sistem Pemantauan Kapal Perikanan (VMS) Dalam Rangka Peningkatan Pemahaman Terhadap Penyelenggaraan Sistem Pemantauan Kapal/Vessel Monitoring System (VMS) Online dan Offline  selain itu mencari solusi yang berkaitan dengan permasalahan keaktifan VMS dari Provaider, pinjam pakai VMS dan sistem pendaftaran SKAT didaerah.
 
Pada acara tanya jawab mengemuka bahwa permasalahan yang banak dikeluhkan oleh pemilik kapal masalah pesawat VMS tidak dapat diterima signalnna dipusat dan permasalahan servis alat VMS oleh pihak provaider yang tidak berjalan sebagaimana mestistinya. Pihak provaider sudah dihubungin tapi tidak pernah datang dan kalaupun datang tidak pernah tuntas.  Kepala Stasiun PSDKP Belawan menarankan agar pihak provaider membuka kantor servis di Belawan malahan Kepala Stasiun meniapkan tempat sementara untuk personil dari provaider.

MUKHTAR,  A.Pi.

Tidak ada komentar: