17 November, 2012

Ilmuwan Desak Moratorium Penangkapan Ikan di Arktik

Ottawa (AFP/ANTARA) - Para ilmuwan mendesak negara pesisir Arktik pada Senin, agar membuat peraturan untuk Samudera Arktik, dan memerintahkan moratorium dalam penangkapan ikan sampai persediaan ikan di lautan itu sudah dinilai, sebelum kapal pukat mulai menangkap ikan di perairan bersih tersebut.

"Penangkapan ikan komersil di pusat Samudera Arktik saat ini mungkin dan layak dilakukan,รข€ kata lebih dari 2000 orang ilmuwan dari 67 negara dalam sebuah surat terbuka yang di keluarkan oleh Pew Environment Group kepada Kanada, Denmark, Norwegia, Rusia, dan AS.

Namun hal ini tidak cukup hanya dengan mengetahui "Ketersediaan, jumlah, struktur, pergerakan, dan kesehatan dari persediaan ikan dan peranan mereka dalam ekosistem yang lebih luas" dari perairan internasional yang sama luasnya dengan Laut Mediterania.

Komunitas internasional harus "mengambil tindakan sekarang juga untuk melindungi perairan ini sampai kami dapat menempatkan ilmuwan dan pemerintah untuk meyakinkan perkembangan yang berkelanjutan dari perikanan," kata para ilmuwan dalam surat itu.

Hambatan dalam memancing ikan di perairan Arctic akan segera menghilang, seiring dengan lapisan es di atasnya mencair. Sejak musim panas 2007, 40 persen dari pusat Samudera Arktik telah menjadi perairan terbuka.

Sebentar lagi kapal pukat dari negara-negara dengan perikanan besar akan muncul di utara.

AS mengadopsi sebuah pendekatan pencegahan dengan menutup perairan Arktik untuk penangkapan ikan komersil pada 2009 untuk memungkinkan para ilmuwan mengkaji perkembangan lingkungan

Kanada juga sedang menyusun kebijakan perikanannya sendiri untuk perbatasan Laut Beaufort.

Namun para ilmuwan khawatir bahwa "dengan tidak adanya data ilmiah dan sistem manajemen yang kuat" untuk seluruh wilayah, "dapat berakibat pada penipisan sumber daya perikanan dan kerusakan pada komponen lain dari ekosistem akan terjadi jika penangkapan ikan dimulai."

Surat itu dirilis pada hari pertama pada konferensi ilmiah International Polar Year 2012 di Montreal yang mempertemukan lima negara pesisir Arktik. (yg/ik)


http://id.berita.yahoo.com/ilmuwan-desak-moratorium-penangkapan-ikan-di-arktik-104925977.html

Tidak ada komentar: